Pemanfaatan Massive Open Online Course (MOOC)

Ruang dan waktu sudah tidak lagi menjadi pembatas di dalam abad 21, hal ini akibat dari terjadinya peningkatan perkembangan yang sedang dialami oleh industry teknologi informasi dan komunikasi. Peran teknologi tidak lepas dari peran manusia yang terus bereksperimen untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut supaya lebih efektif dan effisien. Selain itu, perkembangan teknologi menjadi pergeseran dari kehidupan bermasyarakat, diawali oleh kemudahan berkomunikasi antar manusia dengan hadirnya email yang dapat dengan cepat mengirimkan pesan ke pulau-pulau hingga benua. Pendidikan menjadi salah satu pihak yang diuntungkan dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pendidikan merupakan proses untuk membina peserta didik untuk menjadi manusia yang sesungguhnya. Abad 21 merupakan abad dimana pendidik bukan lagi satu-satunya sumber ilmu yang harus diterima oleh peserta didik. Kedudukan pendidik sama halnya dengan kedudukan media pembelajaran yakni hanya sebagai fasilitator. Akibat dari berkembangnya teknologi computer dan internet terlebih lagi saat ini perkembangan smartphone sangat gencar digalakan, menjadikan peserta didik bebas memilih sumber informasi yang ingin diketahuinya, hal ini diperkuat dengan pendapat Eric Hasby dalam Rusman (2012) bahwa dunia Pendidikan sudah memasuki perubahannya yang kelima. Perubahan yang pertama ketika orang tua menyerahkan proses pembelajaran putra-putrinya kepada seorang pendidik yang telah mendapat amanat dari sekolah, perubahan yang kedua yakni ditemukan dan dimanfaatkannya alat tulis untuk kebutuhuan proses belajar mengajar, perubahan yang ketiga ditemukannya mesin cetak dan dimanfaatkannya guna mencetak bahan ajar seperti buku pengetahuan untuk kebutuhan pembelajaran, perubahan yang keempat ditemukannya dan berkembangnya alat elektronik untuk memfasilitasi pembelajaran seperti radio dan televisi yang dimanfaatkan sebagai variasi dalam proses belajar mengajar, yang terakhir adalah perubahan yang kelima, yakni ditemukan dan dikembangkannya perangkat computer dan internet guna mempercepat sebuah pertukaran informasi dalam pembelajaran seperti penggunaan pembelajaran berbasis online learning.

Dalam perkembangannya di dunia pendidikan, masih jarang pemanfaatan online learning dalam proses pembelajaran, pendidik masih terikat dengan metode klasikal. Adapun tantangan pada zaman ini adalah peserta didik dituntut untuk lebih berfikir kritis dan dapat menciptakan sebuah penemuan-penemuan terbaru, hal ini di dukung dengan kurikulum saat ini yang menempatkan peserta didik di semua jenjang sudah dalam tahap creating.

Massive Open Online Course hadir sebagai pemcahan masalah yang dihadapi oleh manusia abad 21 ini. Massive Open Online Course merupakan sebuah perangkat pembelajaran berbasis daring / online yang dapat diakses melalui jaringan internet secara geratis, sehingga masyarakat saat ini dapat menikmati layanan pembelajaran tidak terbatas lagi oleh ruang dan waktu sesuka hati mereka. Selain itu, Massive open online course merupakan sarana pembelajaran yang tidak terikat pada suatu wilayah tertentu. Dalam penggunaanya user dapat mengikuti pembelajaran di negara-negara lain yang menyediakan layanan MOOC tersebut. Dengan kelebihannya tersebut massive open online course diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memperoleh informasi pembelajaran dari negara-negara lain, sehingga masyarakat memiliki daya saing yang tinggi dengan negara-negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *