Installasi Moodle pada PC/Localhost

Untuk Installasi moodle, anda perlu mengekstrak file moodle yang sudah diunduh ke dalam folder: data (C)/xampp/htdocs. Seperti gambar di bawah ini:

Setelah selesai mengekstrak file moodle, anda dapat langsung membuka browser dan mengetikan URL: localhost/moodle untuk memulai installasi seperti pada gambar berikut ini: (NOTE: MODULE Apache dan MySQL PADA XAMPP HARUS AKTIF KETIKA MEMBUKA MOODLE SECARA LOCALHOST)

Pada bagian Confirm Paths biarkan secara default system saja tidak ada yang perlu dirubah, silahkan anda klik tombol Next untuk melanjutkan. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Pada bagian Choose database driver silahkan anda rubah pada bagian “Type” dengan pilihan “MariaDB (native/mariadb)”. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Pada bagian Database Settings isilah kolom “Database user” dengan root. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Pda halaman Copyright, anda hanya perlu melanjutkan dengan menekan tombol Continue.

System akan mengecheck apakah ada yang error. Untuk mengetahui system terdapat error anda cukup melihat warna dari status. Apabila berwarna merah maka harus segera diperbaiki. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Untuk memperbaiki error “php_extension” pada moodle, anda dapat membuka aplikasi XAMPP dan menekan tombol config pada deretan “Apache” dan pilih menu “PHP (php.ini)”. Silahkan lihat gambar di bawah ini: (NOTE: MODULE APACHE DAN MySQL HARUS DI STOP TERLEBIH DAHULU dan AKTIFKAN KEMBALI APABILA SUDAH DIPERBAIKI)

Selanjutnya akan keluar notepad yang berisi informasi system localhost kita. Pada bagian ini kita hanya perlu mencari tulisan ;extension=intl, dan menghapus tanda “; (titik koma) di depan tulisan extension-intl. setelah itu anda perlu men-save dan keluar dari halaman notepad. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Anda perlu mengaktifkan kembali module Apache dan MySQL pada aplikasi XAMPP dan merefresh halaman server check moodle pada browser anda. Nantinya status berwarna merah akan menghilang dan muncul tombol Continue pada bagian bawah. Silahakn lihat gambar di bawah ini:

Anda akan menuju halaman Installasi system, pada bagian ini anda hanya perlu menunggu hingga installasi selesai dan muncul tombol Continue. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

Anda perlu mengisi profile sebagai admin. Silahkan lihat gambar di bawah ini: (NOTE: BULATAN BERWANA MERAH ARTINYA WAJIB DIISI)

Isilah form pada bagian Front page setting (terutama pada kolom Full site name, Short name dan No-reply address.

Setelah melewati proses yang panjang, maka LMS Moodle anda sudah dapat di akses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *